Pelatihan Medical Hypnotherapy Aplikasi Hipnoterapi Untuk Manajemen Nyeri

Bebas dari rasa nyeri merupakan hak asasi manusia. Hal ini dicanangkan oleh WHO peringatan “Global Day Against Pain” tanggal 11 Oktober 2004. Peringatan “Global Day Against Pain” bertema Pain Relief Should Be A Human Right mempunyai tujuan :

  1. Meningkatkan kepedulian terhadap nyeri akut maupun nyeri kronis dan pengobatannya
  2. Publikasi yang luas tentang hasil penelitian nyeri dan terapinya
  3. Menekankan bahwa hak setiap orang untuk mendapatkan pengobatan nyeri
  4. Meningkatkan kepedulian terhadap masalah nyeri di negara berkembang dengan tujuanmemperbaiki sumber daya dalam bidang nyeri (Miller, 2004).

Berdasarkan komitmen tersebut, maka berbagai negara termasuk Indonesia mulai memberikan perhatian terhadap nyeri dan pengelolaannya. Penatalaksanaan nyeri dilakukan dengan dua metode, yaitu strategi farmakologi dan non farmakologi. Salah satu jenis metode non farmakologi adalah terapi komplementer yang merupakan area keperawatan murni sebagaimana disebutkan pada PERMENKES No 148 tahun 2010. Menurut Kementrian Kesehatan (2007), pengobatan komplementer tradisional – alternatif adalah pengobatan non konvensional yang ditujukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat meliputi upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif yang diperoleh melalui pendidikan terstruktur dengan berkualitas, memiliki keamanan dan efektivitas yang tinggi berlandaskan ilmu pengetahuan biomedik, meskipun belum diterima sepenuhnya dalam kedokteran konvensional.

Dalam penyelenggaraannya, strategi komplementer dan alternatif ini harus sinergi dan terintegrasi dengan pelayanan pengobatan konvensional yang dilaksanakan oleh dokter, dokter gigi dan tenaga kesehatan lainnya yang memiliki pendidikan dalam bidang pengobatan komplementer tradisional – alternatif. Salah satu teknik yang digunakan adalah hipnoterapi Hipnoterapi mengkondisikan seseorang untuk relaksasi sehingga lebih mudah menerima saran dari therapist.

Hipnoterapi sengaja memanfaatkan kondisi trance atau kondisi berkhayal untuk menghasilkan perubahan baik pada alam sadar maupun alam bawah sadar pasien. Dengan demikian hipnoterapi memanfaatkan kondisi psikologis pasien untuk mengubah persepsi rasa sakit termasuk nyeri menjadi perasaan yang lebih nyaman (Cawthorn & Mackereth, 2010).

Pelatihan Medical Hypnotherapy (Aplikasi hipnoterapi untuk manajemen nyeri) sudah dilaksanakan pada :

Tanggal                       : Sabtu, 26 Mei 2018

Waktu                         : Pukul 09.00 WIB s/d 17.00 WIB

Tempat                        : STIKes Borneo Cendekia Medika

                                    Jl. Sutan Syahrir No. 11, Pangkalan Bun                                     Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah