Seminar PPGDON (Penanganan Pertama Gawat Darurat Obstetri Neonatus)

Kasus gawat darurat obstetri adalah kasus obstetri yang apabila tidak segera ditangani akan berakibat kematian ibu dan janinnya. Kasus ini menjadi penyebab utama kematian ibu janin dan bayi baru lahir. (Saifuddin, 2002).

Kasus kegawatdaruratan obstetric dan neonatus adalah kasus yang apabilatidak segera ditangani akan berakibat kematian pada ibu dan janinnya. Kasus ini puladapat menjadi penyebab utama kematian ibu dan bayi baru lahir. Oleh karena itudiperlukan penilaian awal terhadap kegawatdaruratan.Penilaian awal ialah langkah pertama untuk menentukan dengan cepat

 Kasusobstetri dan neonatus yang membutuhkan pertolongan segera denganmengindentifikasi penyulit (komplikasi) yang dihadapi.Hasil penilaian awal ini menjadi dasar pemikiran apakah kasus mengalami penyulit perdarahan, infeksi, hipertensi, pre eklampsia, eklampsia, dan syok atau komplikasi lainnya. Setelah dilakukan penilaian awal dan mengidentifikasi penyulitnya harus segera dilakukan pertolongan pertama untuk mencegah terjadinya bahaya yang lebih lanjut.

Seminar PPGDONsudah dilaksanakan pada :

Tanggal                       : 02 Juni 2017

Waktu                         : Pukul 08.00 WIB s/d 15.00 WIB

Tempat                        : STIKes Borneo Cendekia Medika

                                    Jl. Sutan Syahrir No. 11, Pangkalan Bun

                                    Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah