Kuliah Umum Pengenalan Kanker Dan Cara Deteksi Dini Kanker Payudara Dan Kanker Serviks

Kanker payudara merupakan penyakit yang menyerang kelenjar, saluran, dan jaringan penunjang dalam payudara. Penyakit kanker ini umumnya menyerang wanita usia subur dan biasanya baru menimbulkan keluhan setelah sudah memasuki stadium lanjut.Kanker serviks atau kanker leher rahim merupakan penyebab kematianakibat kanker yang terbesar bagi wanita di negara-negara berkembang. Secaraglobal terdapat 600.000 kasus baru dan 300.000 kematian setiap tahunnya,yang hampir 80% terjadi di negara berkembang. Fakta-fakta tersebut membuatkanker leher rahim menempati posisi kedua kanker terbanyak pada perempuandi dunia, dan menempati urutan pertama di negara berkembang.

Tingginya tingkat kematian akibat kanker terutama di Indonesia antara lain disebabkan karena terbatasnya pengetahuan masyarakat tentang bahaya kanker, tanda-tanda dini dari kanker, faktor-faktor resiko terkena kanker, cara penanggulangannya secara benar serta membiasakan diri dengan pola hidup sehat. Tidak sedikit dari mereka yang terkena kanker, datang berobat ketempat yang salah dan baru memeriksakan diri ke sarana pelayanan kesehatan ketika stadiumnya sudah lanjut sehingga biaya pengobatan lebih mahal (Yayasan Kanker Indonesia, 2012).

Tingginya angka kematian ini adalah karena penyakit ini tidakmempunyai ciri yang khas. Untuk mengurangi kejadian-kejadian ini makadapat dilakukan program pencegahan-pencegahan seperti deteksi dini, namunhal ini masih jarang dilakukan khususnya di negara berkembang karena pengetahuan tentang kanker payudara dan kanker serviks serta kesadaran akan kesehatan masihkurang. Mayoritas penderita datang untuk berobat ketika keadaankesehatannya telah kritis atau ketika penyakitnya sudah stadium lanjut.

Deteksi dini kanker serviks perlu dilakukan agar dapat diberikan penanganan atau pengobatan yang tepat. Sedangkan kesadaran wanita usia subur untuk melakukan deteksi dini ini sangat penting dan dapat membantu menekan angka kejadian kanker payudara dan kanker serviks. Pendeteksian dengan alat-alat yang sudah tersedia pada fasilitas kesehatan cenderung lebih mudah dan tingkat keakuratannya tinggi dan dapat digunakan dokter dalam mendiagnosis kankes payudara maupun kanker serviks.

Kuliah Umum pengenalan kanker dan cara deteksi dini kanker payudara dan kanker servikssudah dilaksanakan pada :

Tanggal                       : Sabtu, 03 Oktober 2015

Waktu                         : Pukul 08.00 WIB s/d 13.00 WIB

Tempat                        : STIKes Borneo Cendekia Medika

                                    Jl. Sutan Syahrir No. 11, Pangkalan Bun                                     Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah